.

.
Home » , , , » MUI Ajak Elemen Masyarakat Muslim Tingkatkan Pengetahuan Keagamaan

MUI Ajak Elemen Masyarakat Muslim Tingkatkan Pengetahuan Keagamaan

Written By MUI Kab. Pelalawan on Jumat, 13 Maret 2015 | 00.49

Hingga saat ini, masih dangkalnya pemahaman dan pengetahuan ilmu keagamaan sekelompok kaum merupakan faktor penyebab munculnya sifat fanatik secara adat maupun kesukuan. Pasalnya, dengan sifat fanatik tersebut maka pengkotak-kotakan kelompok yang menyebabkan timbulnya perpecahan antar sesama ummat muslim akan terus terjadi.

"Ya, kondisi saat ini dikabupaten Pelalawan banyak telah terjadi pengkotak-kotakan suatu kelompok yang menyebabkan timbulnya
perpecahan ummat. Untuk itu, memasuki bulan yang serba baik ini yakni bulan ramadan 1435 H, MUI mengajak elemen masyarakat muslim untuk meningkatkan ilmu pemahaman keagamaan melalui syiar ramadan maupun kegiatan keagamaan lainnya," terang Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pelalawan Iswadi M Yazid pada media ini, Kamis (27/6).

Iswadi mengatakan bahwa di Kabupaten Pelalawan sifat fanatik telah menjadi trend sehingga perpecahan ummat pun semakin bertambah besar. Karena itu, selama pelaksanaan ibadah bulan suci ramadan 1435 H nantinya, pihaknya akan menggelar kegiatan kajian agama ke Masjid dan Mushalla di 12 kecamatan yang ada di daerah ini untuk memberikan pemahaman keagamaan yang lebih terperinci kepada ummat muslim dikabupaten Pelalawan khususnya kecamatan Pangkalan Kerinci.

"Kegiatan ini kita lakukan untuk memberikan pemahaman keagamaan kepada ummat muslim secara mendalam tentang bahayanya sifat fanatik yang mengklaim bahwa segala sesuatu kebenaran itu hanya datang pada diri dan kelompoknya, sehingga orang lain atau kelompok lain selalu dipandang salah. Jadi, dengan kajian yang kita buka nantinya selama pelaksanaan ramadhan untuk saling tanya-jawab, maka insya Allah kita harapkan akan membuka pemikiran masyarakat muslim bahwa sesungguhnya ummat muslim ini adalah bersaudara," ujarnya.

Selain memberikan pemahaman tentang bahayanya sifat fanatik, sambungnya, kegiatan kajian ini nantinya, juga dilakukan pihaknya guna mengetahui permasalahan - permasalahan yang berkembang dikabupaten Pelalawan ini. Karena itu, ke depannya MUI akan membuka kajian agama secara kontemporer serta berkelanjutan di setiap masjid dan mushalla di tiap kecamatan terkait berbagai permasalahan yang berkembang di Pelalawan.

"Dengan demikian, maka insya Allah segala masalah di Negeri Bono ini akan dapat dicarikan solusinya melalui kajian yang bersumber pada al-qur'an maupun ilmu keagamaan, sehingga kabupaten yang bermotto Tuah Negeri Seiya Sekata ini selalu akan mendapat berkah dari sang khalik," tutupnya.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MUI Pelalawan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger